IRIT!! "Kuat No Debat : Empat Media Uji Ketangguhan Yamaha Gear Ultima

Tes kemampuan dan efisiensi Yamaha Gear Ultima dalam ekspedisi ekstrem lintas pulau

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Gear Ultima dengan tagline yang ambisius: “Motor Hebat, Kuat No Debat.” Tagline ini menarik perhatian empat media otomotif terkemuka di Indonesia: Oto.com, Otomotif TV (Gridoto.com), Autofun.co.id, dan Otorider.com. Mereka sangat antusias untuk menguji durabilitas serta fitur-fitur yang disematkan pada Gear Ultima. Untuk membuktikannya, para media sepakat melakukan touring jarak jauh dari Jakarta menuju Bali.

Mengingat jarak yang tidak main-main, rute touring dibagi menjadi dua etape dengan jalur berbeda. Setelah berdiskusi dan menentukan arah, diputuskan bahwa OtomotifTV (Gridoto.com) menempuh jalur utara, sementara Oto.com melintasi jalur selatan. Keduanya bertemu di Yogyakarta. Dari Kota Pelajar ini, estafet perjalanan dilanjutkan oleh Autofun.co.id dan Otorider.com menuju Bali, juga dengan rute yang berbeda. Touring ini bertujuan untuk menguji keunggulan Yamaha Gear Ultima dalam menghadapi berbagai medan dan kondisi perjalanan.

Dua metode pengujian efisiensi pun diterapkan: Bangkit, yang mengendarai Gear Ultima standar, menggunakan sistem full-to-full untuk perhitungan akurat. Sementara itu, Zenuar memilih full tank challenge, sebuah metode yang mengungkap seberapa jauh Gear Ultima bisa melaju dalam sekali isi penuh.

Tak lama setelah perjalanan dimulai, sekitar 20 km dari titik start, langit Jakarta tak menunjukkan keramahannya dengan rintik hujan yang kian menderas. Mau tak mau, jas hujan yang sudah disiapkan di dalam top bags segera kami kenakan. Hujan di awal perjalanan menjadi “pemanasan” yang cukup menarik, sekaligus menguji kesiapan mental dan fisik kami.

Seperti yang kami duga, jalur yang dilalui cukup menantang dan memacu konsentrasi. Setelah melewati rute yang relatif mulus di awal, kami dihadapkan pada medan menanjak dan tikungan tajam di Puncak, sebuah ikon yang selalu menyuguhkan pemandangan menawan namun juga membutuhkan kewaspadaan ekstra. Memasuki Cipatat hingga Padalarang, kemampuan menyalip kendaraan besar menjadi kunci, di mana kelincahan Gear Ultima diuji.

Dengan menempuh jarak sejauh 232 km, Bangkit menghabiskan bahan bakar sekitar 4,02 liter. Dari data tersebut, didapat angka 57,8 km/liter atau dibulatkan 58 km/liter. Sementara Zenuar dengan sistem full tank challenge masih terus melanjutkan perjalanan.

Petualangan yang cukup panjang dan penuh dinamika ini ternyata menguras energi, namun juga menyuguhkan pengalaman tak terlupakan. Akhirnya, setelah menempuh ratusan kilometer dan melewati berbagai kondisi jalan, kami tiba di Tasikmalaya, sebuah kota yang menjadi tempat peristirahatan pertama sebelum melanjutkan petualangan esok hari. Momen ini menjadi kesempatan untuk merefleksikan performa Gear Ultima dan persiapan diri untuk etape selanjutnya.

Momen tersebut sekaligus menjadi penentu keberhasilan sistem full tank challenge yang dilakukan Zenuar. Dengan bangga, kami mencatat bahwa sekali isi penuh, Gear Ultima Hybrid S mampu menempuh jarak hingga 315 km! Angka di luar dugaan untuk ukuran skutik ringkas, membuktikan efisiensi bahan bakar yang patut diacungi jempol. Tanpa ragu, Bangkit segera membantu mendorong motor hingga kami menemukan SPBU terdekat.

Berkat bagasi jok berkapasitas 18,6 liter, Zenuar bisa membawa berbagai perlengkapan penting untuk touring, mulai dari jas hujan, sarung tangan cadangan, botol air minum, hingga satu kotak pengisi angin portable. Inilah salah satu fitur yang sangat membantu.

Selain itu, power outlet yang tersedia di Gear Ultima tak cuma bisa digunakan untuk mengisi daya gawai, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan arus listrik ke pengisi angin portable. Fitur-fitur ini menjadikan touring kami terasa lebih tenang dan aman, karena kami siap menghadapi berbagai situasi di jalan.

Ekspedisi berlanjut mulus hingga Majenang. Namun, selepas wilayah Genteng, kami dihadapkan pada kondisi jalan yang meliuk-liuk menantang. Tapi hal itu tak menjadi soal, sebab handling Gear Ultima cukup mumpuni. Berbekal rangka underbone yang sama dengan Fazzio dan roda 12 inci dengan profil lebar, motor ini terasa lincah dan stabil saat melibas jalanan berkelok seperti itu.

error: Content is protected !!